SMK SMTI PADANG GELAR WISUDA OFFLINE DAN ONLINE DI MASA PANDEMI

PADANG – Pandemi covid-19 yang tengah melanda tidak menyurutkan niat SMK SMTI Padang, sekolah vokasi binaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri, Kementerian Perindustrian untuk mewisuda dan melantik 173 lulusan TP 2019/2020 pada wisuda ke-51 di Pangeran Beach Hotel Padang (28/11/2020).

Prosesi pelantikan lulusan tahun ini berbeda dibandingkan tahun sebelumnya. Prosesi dilaksanakan secara virtual dan tatap muka dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan yang dipersyaratkan. Dari 173 lulusan yang diwisuda, 28 orang mengikutinya secara offline di Pangeran Beach Hotel Padang dan 145 orang mengikuti secara online. Dengan dilantiknya 173 orang lulusan pada tahun ini, maka sejak berdirinya tanggal 10 Oktober 1966, SMK SMTI Padang telah menghasilkan lulusan sebanyak 4.393 orang.



Kegiatan wisuda tahun ini dirangkaikan secara virtual dengan Wisuda Nasional Akademik Tahun Pelajaran 2019/2020 bersama Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, yang dilaksanakan secara serentak dengan 20 satuan pendidikan (9 Politeknik, 2 Akademi Komunitas dan 9 SMK) lingkup Kementerian Perindustrian.

Wisuda nasional perdana ini mengangkat tema “Skills For The Future”. Para lulusan dilantik oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita yang diwakili Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian dan disaksikan juga oleh Kepala BPSDMI, Eko S.A. Cahyanto.
Menurut Kepala SMK SMTI Padang, Zulhaida, hampir seluruh lulusan SMK SMTI Padang TP 2019/2020 telah terserap dunia industri, perguruan tinggi, dan berwirausaha dengan persentase 97%. 93 orang telah bekerja di industri, 62 orang melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, dan 11 orang berwirausaha.




     

“Penyerapan lulusan yang tinggi tidak terlepas dari kualitas mutu lulusan dan kerja sama SMK SMTI Padang dengan dunia industri. Di masa pandemi ini, lulusan SMK SMTI Padang tetap dilirik industri besar. Salah satunya adalah PT Mayora Indah Tbk.”, tutur Zulhaida.
Sebelum kelulusan, PT Mayora Indah Tbk., telah melakukan rekrutmen secara online terhadap lulusan SMK SMTI Padang. Dari 93 orang yang mengikuti seleksi, 73 orang dinyatakan lulus dan diterima di PT Mayora Indah Tbk. Sampai saat ini, sebanyak 70 orang lulusan SMK SMTI Padang telah bekerja dan selebihnya masih menunggu karena umur yang bersangkutan belum mencapai 18 tahun. Mudah-mudahan di akhir tahun 2020, serapan lulusan SMK SMTI Padang TP 2019/2020 dapat mencapai 100%”, tambahnya.



# ZonaIntegritasSMKSMTIPadang
# vokasiindustri
#linkandmatch
#WBK2018
#WBBM2019