SMC Spanyol Mendukung Program Pembelajaran Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri

Hai Sanak Industri!!!
==================

PADANG – PT SMC Automation Indonesia sebagai salah mitra industri SMK SMTI Padang melakukan kunjungan ke SMK SMTI Padang, Selasa (05/11/19). Kunjungan tersebut bertujuan untuk melakukan peninjauan pelaksanaan pembelajaran Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri di SMK SMTI Padang. Dalam kunjungan kali ini, PT SMC Automation Indonesia berkolaborasi dengan Mr. Sergio Panizo dari SMC Spanyol. Mr. Sergio memberikan pencerahan kepada guru-guru produktif di bidang Teknik Otomasi Industri SMK SMTI Padang melalui kegiatan diskusi. Mr. Sergio menyampaikan bahwa otomasi industri saat ini merupakan bagian penting dan hampir digunakan oleh seluruh industri manufacturing dalam kegiatan operasional kerja produksinya.



“Otomasi Industri sudah memasuki era baru. Industri 4.0 seperti yang digadang-gadang belakangan ini merupakan keharusan yang harus dilalui dan memerlukan persiapan bagi pelaku industri yang sudah berjalan agar dapat menyesuaikan laju perkembangannya. Industri yang dikerjakan secara manual adalah masa lalu. Efisiensi dan ketepatan menjadi keharusan dalam industri saat ini”, tukas Mr. Sergio di saat diskusi.





Seyogyanya, Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri sudah berdiri pada tahun pelajaran 2019/2020 di sekolah yang beralamat di Jalan Juanda No. 2 Kecamatan Padang Barat ini. Walau baru seumur jagung, kompetensi keahlian untuk program pendidikan 4 tahun ini konsisten untuk menunjukkan eksistensinya di SMK SMTI Padang. Sesuai dengan penerapan kurikulum Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri di SMK SMTI Padang, peserta didik akan mengikuti pembelajaran secara bertahap, mulai dari kompetensi dasar hingga kompetensi kejuruan. Kebutuhan industri terhadap lulusan Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri hampir sama dengan Kompetensi Keahlian Kimia Industri di SMK SMTI Padang, yaitu diperlukan oleh seluruh industri, baik kecil, menengah, maupun besar. Jadi, peluang bagi lulusan Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri sangat besar dan tidak perlu diragukan.






By: PPID SMK SMTI Padang