Pelaksanaan Pembinaan Pramuka

Hai Sanak Industri !!
Ekstrakurikuler wajib menurut Permendikbud No 63 Tahun 2014 adalah Pembinaan Pramuka. SMK SMTI Padang sebagai salah satu unit pendidikan di bawah binaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, melaksanakan kegiatan pembinaan pramuka wajib setiap Hari Sabtu setelah pengembangan diri pilihan.
"Satyaku Ku dharmakan, dharmaku Ku baktikan" serta "Iklas Bakti Bina Bangsa, Berbudi Bawa Laksana" merupakan semboyan yang akrab dalam pembinaan pramuka di Gugus Depan SMK SMTI Padang. Gudep yang memiliki Nomor 03.129 - 03.130, Ir Juanda - Rohana Kudus ini sendiri sudah sktif sejak periode akhir 90an silam. Ambalan Penegak yang aktif berkegiatan bahkan sebelum pandemi menyerang sempat menyelenggarakan Chatalist Scout Competition (CSC) pada tahun 2019 lalu. Kegiatan rutin dikemas dalam bentuk dan aktifitas yang menarik untuk semua peserta didik. Korps pembina yang terdiri dari pembina yang handal di bidang nya dan minimal sudah memperoleh sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD) untuk pembina pramuka.
Selain kegiatan rutin yang menarik, Pembinaan Pramuka di SMK SMTI Padang juga memiliki kegiatan berkala, seperti hiking, persami, dan puncak acara yang biasa dihelat setiap akhir tahun, kemah 3 (tiga) hari dalam bentuk Kemah Bakti Siswa (KBS).
Selain aktif di Gugus Depan, Pramuka SMK SMTI Padang juga aktif berkegiatan di Kwartir, baik ranting, cabang maupun daerah. Salah satu Pramuka SMK SMTI Padang saat ini malah merupakan Ketua Dewan Kerja Ranting (DKR) Padang Barat. Selain itu, 2 orang Pramuka Penegak Gudep SMK SMTI Padang, pada 2020 silam meraih penghargaan kecakapan umum tertinggi yaitu Penegak Garuda.
Saat ini, Gudep SMK SMTI Padang bersiap melakukan beberapa kegiatan tahunan yang segera dijalankan. Serta tak lupa pula untuk persiapan Hari Pramuka Internasional yang merupakan peringatan hari lahir Bapak Pandu Dunia pada 22 Februari 2022 nanti.
Jaya selalu Gudep SMK SMTI Padang!!