Kegiatan Silver Expert SMK SMTI Padang

PADANG – Mengacu pada Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 3 tahun 2017 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri. SMK SMTI Padang, sekolah vokasi binaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), Kementerian Perindustrian, aktif berperan serta dalam menjalankan peraturan tersebut dengan konsisten melaksanakan Program Pembelajaran Silver Expert bagi siswa-siswa kelas X dan XI, serta guru-guru produktif, baik Kompetensi Keahlian Kimia Industri maupun Teknik Otomasi Industri. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan menggunakan model hybrid. Ada narasumber yang dihadirkan langsung ke sekolah dan dihadirkan secara virtual menggunakan aplikasi zoom.
Sekolah yang beralamat di Jalan Juanda No. 2 Kecamatan Padang Barat ini menghadirkan beberapa pelaku industri yang menjadi guru tamu dari industri-industri ternama di Indonesia. Tentunya, industri-industri tersebut merupakan mitra industri yang telah menjalin kerja sama dengan SMK SMTI Padang. Pelaku industri yang dihadirkan di antaranya: Bapak Dody Chandra dari PT Megasari Makmur, Bapak Joni Ismantoro dari PT Pusri Palembang, Ibu Kuku Damareza, Ika Nurul Handayani, Agustina Gresiani Arum Mardani, Siti Kholisotul Ulva, dan Sita Swadesti Asnan Putri dari PT Paragon Technology and Innovation.
Program Pembelajaran Silver Expert merupakan program khusus BPSDMI yang dilaksanakan seluruh unit pendidikan Kementerian Perindustrian, dengan cara menghadirkan pelaku industri yang sudah berpengalaman di bidangnya. Program tersebut bertujuan mendorong dan meningkatkan daya saing SDM industri di Indonesia.