SMK SMTI Padang Raih Kembali Penghargaan dalam SNI Award Tahun 2023 - 18th National Quality Award of Indonesia

JAKARTA - SMK SMTI Padang, sekolah vokasi binaan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI), Kementerian Perindustrian kembali meraih penghargaan perunggu dalam SNI Award Tahun 2023 - 18th National Quality Award of Indonesia (16/11/2023).


Penganugerahan SNI Award adalah sebuah penghargaan tertinggi dari Pemerintah Republik Indonesia skala nasional bagi organisasi yang menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara  konsisten dengan kinerja unggul dan berkelanjutan.


Sejak tahun 2005, Badan Standardisasi Nasional (BSN) memberikan apresiasi kepada organisasi yang konsisten menerapkan SNI melalui penyelenggaraan SNI Award. Pada tahun 2023 ini merupakan Penganugerahan SNI AWARD ke-18, yang merupakan momentum besar yang membawa perubahan global bagi para penerap SNI, yang digelar di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat. 


Kepala Badan Standardisasi Nasional (BSN), Bapak Drs. Kukuh S. Achmad, M.Sc. dalam sambutannya menyatakan bahwa penerapan SNI diharapkan mampu meningkatkan efisiensi, perbaikan kualitas, dan meningkatkan kepercayaan konsumen. Melalui SNI Award ini, organisasi diharapkan dapat memahami pengembangan dan penggunaan SNI dalam mewujudkan daya saing berkelanjutan dan konsistensi dalam penerapannya oleh setiap organisasi dan diharapkan SNI Award dapat menjadi acuan organisasi untuk meningkatkan kinerja organisasi, karena SNI Award menilai berbagai aspek yang mendorong bergerak cepat mengelola perubahan dalam mewujudkan kemajuan organisasi dengan kinerja yang lebih baik dan menjadi role model.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Bapak Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., IPU.  Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa SNI Award adalah penghargaan tertinggi dari Pemerintah Republik Indonesia skala nasional bagi organisasi yang menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten dengan kinerja unggul dan berkelanjutan dan menjadikan organisasi sebagai role model peningkatan kinerja yang lebih baik lagi.


Ketua Dewan Juri SNI Award 2023 Bapak  Ir. Didie B. Tedjosumirat, M.B.A. menyampaikan bahwa SNI Award menjadi landasan program peningkatan kinerja organisasi dalam rangka meningkatkan daya saing nasional. SNI award 2023 ini diikuti oleh 218 organisasi untuk seluruh tingkatan kategori. Hasil penilaian ini telah mengikuti berbagai tahapan seleksi, diantaranya seleksi administrasi, desk evaluation, dan site evaluation. Berdasarkan hasil dewan juri dianugerahkan kepada 61 organisasi dari berbagai kategori meraih penghargaan SNI award tahun 2023 dengan rincian: peraih perunggu 22 organisasi, perak 24 organisasi, emas 12 organisasi, dan yang tertinggi yaitu platinum 3 organisasi. 


Perhargaan ini tentunya menjadi suatu kebanggaan bagi SMK SMTI Padang untuk dapat hadir dalam Penganugerahan SNI Award tahun 2023, meraih Perunggu dalam Kategori Organisasi Pendidikan Menengah.

Dalam kesempatan ini Sylvi, S.T., M.Si, sebagai Kepala SMK SMTI Padang menyampaikan rasa syukur atas pencapaian pada tahun kedua dalam mengikuti SNI Award ini.


"Alhamdulillah dalam kesempatan ini SMK SMTI Padang diberi kesempatan sebagai nominasi dan meraih penghargaan perunggu kategori organisasi pendidikan menengah. Untuk ke depannya, kami akan terus berupaya melakukan perbaikan-perbaikan dan secara konsisten menerapkan SNI secara berkelanjutan dan dapat meraih penghargaan yang lebih tinggi lagi. Kami bangga dan berterima kasih kepada BSN, Kementerian Perindustrian, BPSDMI Kemenperin, dan semua tim manajemen serta warga SMK SMTI Padang,” ujar Sylvi.