Penilaian Akhir Semester (PAS) Kelas Dual System

Hai Sanak Industri !!
PAS merupakan singkatan dari penilaian akhir semester. Adapun fungsi dari PAS ini adalah sebagai bentuk penilaian kinerja dan belajar siswa dalam 1 (satu) semester. PAS akan terlaksana pada pekan ke-15 atau ke-16 dalam setiap kali semester. Dalam kegiatannya, materi yang akan diujikan pada Penilaian Akhir Semester mengenai adalah semua materi yang diajarkan pada semester tersebut. Selain itu, PAS sendiri memiliki beberapa fungsi dan tujuan. Tujuan dari penilaian akhir semester ini meliputi: (1) Mengukur hasil pembelajaran yang peserta didik pada semester yang bersangkutan, (2) Mengukur apakah materi pelajaran yang dari para guru pada setiap mata pelajaran selama semester berjalan dapat tuntas dan dipahami (3) Mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan, (4) Sebagai sarana pembangun motivasi belajar untuk peserta didik.
Sementara itu, fungsi dari Penilaian Akhir Semester yaitu: (1) Sebagai pendorong peningkatan mutu belajar, (2) Bentuk evaluasi bagi para guru, (3) Alat pengendali mutu pendidikan secara umum.
SMK SMTI Padang sudah melaksanakan PBM secara tatap muka sejak awal Januari ini, saat ini sedang melaksanakan PAS untuk Kelas Dual Sistem. Kelas ini menerima PAS lebih dahulu karena menggunakan sistem blok dan akan berangkat prakerin pada awal April 2022 nanti. Pelaksanaan PAS sendiri berjalan dengan sistem CBT untuk PBM teori dan untuk PBM Praktik berupa penilaian praktik secara langsung.