Peluncuran SILAKON untuk Tata Kelola Kearsipan Digital

Hai Sanak Industri !!

Tata Kelola Sistem Kearsipan-Sistem kearsipan merupakan proses kerja yang ada didalam sebuah organisasi yang bertujuan untuk mengelola semua dokumen yang ada didalam organisasi itu sendiri, maksud dari pengelolaan dokumen ini bertujuan untuk memudahkan pengelolaan kembali sebuah informasi yang ada didalam sebuah dokumen untuk menunjang proses kerja ataupun sebagai bahan rujukan informasi terdahulu.

Dalam cakupannya proses kerja sistem kearsipan ini dimulai dari penyimpanan, temu kembali informasi, sampai pemusnahan dokumen yang sudah tidak memiliki informasi yang valid ataupun dokumen yang termasuk didalam katagori dokumen retensi. Dengan adanya pengelolaan dokumen maka proses efisiensi dan kontrol dokumen akan berjalan dengan baik sehingga tidak terjadi penyimpanan dokumen yang sia-sia dan mengefisiensikan ruang penyimpanan.

Untuk mempermudah sistem pengelolaan kearsipan itu, SMK SMTI Padang meluncurkan SILAKON yang merupakan sistem pengelolaan kearsipan berbasis web. Demi tertatanya berkas arsip tersebut, maka masing-masing area kerja mulai menyimpan dan menginputkan data arsip nya di web SILAKON ini. "Inovasi ini diharapkan dapat mempermudah kita dalam menata sehingga setiap arsip bisa tertelusur dengan baik", sebut Sylvi, S.T, M.Si selaku Kepala SMK SMTI Padang saat meluncurkan aplikasi berbasis web ini.