Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis ICT, kerja sama dengan Telkom BLC Padang

Dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dalam pembuatan bahan ajar berbasis ICT, SMK-SMTI Padang bekerja sama dengan Telkom BLC Padang melaksanakan  pelatihan pembuatan Bahan Ajar kepada seluruh guru SMK-SMTI Padang. Pelatihan ini dilakukan selama dua hari yaitu Sabtu dan Minggu (20-21 Oktober 2012) bertempat di Plaza Telkom Padang Baru Padang. Pelatihan ini diikuti oleh 27 (duapuluh tujuh ) orang guru sertifikasi, 5 (lima) orang fungsional guru dan 2 (dua) orang calon guru SMk-SMTI Padang.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam membuat bahan ajar yang menarik dan dimengerti siswa dengan menggunakan perangkat teknologi yang sudah canggih dan familiar bagi siswa. Selama  dua hari pelatihan, seluruh peserta diasah keterampilannya dalam penggunaan microsoft office. Umumnya guru baru bisa mengoperasikan program microsoft word, excel dan power point, dengan mengikuti pelatihan ini, seluruh peserta mendapatkan pengetahuan baru mengenai pengoperasian program onenote dan mendapat upgrading dalam penggunaan power point dengan menambahkan program animasi.

Selain itu, peserta juga diberikan pelatihan dalam penggunaan internet untuk membuat  bahan ajar yang semakin sempurna. Walaupun dilaksanakan pada hari libur, mulai pukul 08.00-16.00 WIB, seluruh peserta tetap bersemangat mengikuti pelatihan, karena pelatihan ini difasilitasi dengan sangat baik oleh pihak Telkom BLC (Broadband Learning Center) Padang. Bapak Ganis Eko Novianto bertindak selaku instruktur dalam pelatihan ini, adalah pimpinan BLC mampu meramu materi yang disampaikan dengan selingan dan game yang membuat peserta tidak kehilangan semangat selama pelatihan.



Puncak dari kegiatan dua hari pelatihan adalah diberikannya pelatihan penggunaan aplikasi Camtasia. Aplikasi ini digunakan untuk membuat bahan ajar sendiri, membuat presentasi dengan menggunakan camera  sehingga guru dapat membuat bahan ajar di rumah yang kemudian dipresentasikan ketika proses pembelajaran. Presentasi dengan Power Point dikombinasikan dengan suara dan gambar yang dibuat oleh guru yang bersangkutan.


 
Mudah-mudahan dengan pelatihan ini, seluruh guru SMK-SMTI Padang, dapat membuat bahan ajar berbasis ICT, dan  dapat meningkatkan kualitas PBM serta minat siswa dalam mengikuti pembelajaran, dan pada akhirnya kompetensi siswa yang diharapkan masing-masing pelajaran dapat lebih ditingkatkan. Semoga....