Studi Tiru AKOM Industri Manufaktur Bantaeng

PADANG – Sebagai satker pertama di bawah lingkungan Kementerian Perindustrian yang sukses meraih penghargaan Zona Integritas dengan predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada tanggal 10 Desember 2019 silam, SMK SMTI Padang senantiasa selalu dikunjungi satker-satker lainnya. Pada kesempatan kali ini, satker yang berkunjung adalah Akademi Komunitas Industri Manufaktur (Akom) Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (09/11/2021). Rombongan disambut dengan keramahtamahan Panitia Zona Integritas dan pegawai SMK SMTI Padang.

Tujuan kegiatan tersebut adalah pelaksanaan studi tiru mengenai Pembangunan Zona Integritas yang telah diterapkan di SMK SMTI Padang.

Melalui kegiatan ini, SMK SMTI Padang dapat memberikan masukan dan menjadi referensi bagi Akom Bantaeng agar meraih predikat WBK dan WBBM nantinya. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan antara lain: (1) sambutan oleh Penanggung Jawab Pembangunan Zona Integritas di SMK SMTI Padang mewakili Kepala SMK SMTI Padang, Dra. Ildefniza, M.Pd. (2) sambutan oleh Direktur Akom Bantaeng, Drs. Zainal Abidin, M.Si. (3) presentasi penerapan Zona Integritas WBBM oleh Ketua Zona Integritas SMK SMTI Padang, Dr. Netri Elisma, S.Pd., M.Si. (4) diskusi atau tanya jawab, dan (5) kunjungan rombongan ke kelas, laboratorium, dan lingkungan sekolah.

Tidak hanya itu, rombongan juga mempelajari berbagai inovasi pelayanan yang telah diterapkan di SMK SMTI Padang. Inovasi-inovasi tersebut antara lain: penggunaan Kios-K yang membantu siswa untuk mencari bahan pembelajaran, penggunaan aplikasi secara online untuk pengisian buku tamu dan kepuasan pelanggan dalam pelayanan publik, penggunaan Sistem Informasi (Sisfo) Akademik yang membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran, pelaksanaan ujian berbasis komputer, keluhan pelanggan secara online menggunakan website, pelayanan perpustakaan yang telah penggunaan kartu perpustakan digital dan e-Catalog Library dalam pelayanaan perpustakaan, penyediaan fasilitas khusus untuk pelanggan yang difabel, pelayanan UKS yang bersih dan sehat, area photo booth zona integritas, dan berbagai inovasi lainnya.