Kunjungan Rombongan Kantor Staf Presiden ke SMK SMTI Padang

PADANG - Tim Kantor Staf Presiden Republik Indonesia bagian ketenagakerjaan mengunjungi SMK SMTI Padang, di Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Jumat (22/10/2021). Pada kunjungan ini, Tim Kantor Staf Presiden RI didampingi oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan beserta Pejabat Jajaran Eselon II.

Kunjungan ini dalam bentuk keinginan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk mendorong pendidikan vokasi. Hal itu pun tertuang dalam visi misi presiden, yakni terjadinya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Fadjar Dwi Wishnu Wardhana, Ketua Tim Kantor Staf Presiden Bagian Ketenagakerjaan mengatakan bahwa pada periode kedua ini Presiden Joko Widodo sangat fokus pada pendidikan dan pelatihan vokasi, terkait hal-hal yang berhubungan dengan bagaimana menyiapkan sumber daya manusia yang bisa mendukung industri dan kecepatan mendorong peningkatan pendidikan vokasi.

"Kami kira dalam konteks dan arahan presiden yang sangat menginginkan pengembangan Sumber daya manusia, SMK SMTI Padang adalah salah satu keunggulan dari pelaksanaan vokasi yang ada di Indonesia," ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMK SMTI Padang, Zulhaida mengatakan bahwa untuk menyiapkan SDM unggul dan kompeten, program unggulan vokasi yang dilaksanakan di SMK SMTI Padang adalah kerja sama industri dalam bentuk kegiatan prakerin, magang siswa dan guru di industri, kegiatan FGD sinkronisasi kurikulum yang link and match dengan industri, mendatangkan guru tamu silver expert dari industri, Forum Asosiasi Industri, dan rekrutmen calon lulusan oleh industri yang dituangkan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (MoU).

"Dalam proses pelaksanaan vokasi, SMK SMTI Padang menyiapkan lulusan dengan penguatan kompetensi melalui ketuntasan pembelajaran praktik, uji kompetensi di LSP P1 yang dimiliki SMK SMTI Padang, serta pelatihan-pelatihan yang mendukung kompetensi lulusan, seperti pelatihan HSE, pelatihan AMT, pelatihan etika dan strategi memasuki dunia kerja, dan kursus Bahasa Inggris/Toeic," ucap Zulhaida.

Program pengembangan vokasi yang akan dilaksanakan SMK SMTI Padang ke depannya antara lain: relokasi lahan, pembangunan gedung pendidikan dan sarana pendukung, pengadaan alat praktik sesuai skala industri, peningkatan kompetensi guru dan pegawai, pengembangan skema kompetensi LSP, pengembangan kompetensi 4.0, peningkatan pelaksanaan program dual system, peningkatan program kerja sama dalam dan luar negeri, dan peningkatan karakter siswa sesuai kebutuhan industri.