Sosialisasi E-learning Guru SMK-SMTI Padang

Dalam rangka mendukung dan mewujudkan program reposisi unit pendidikan di lingkungan Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian, yang salah satunya adalah menjadi sekolah bertaraf internasional. SMK-SMTI Padang dalam hal ini telah melakukan berbagai upaya dalam langkah-langkah percepatan menuju SMK RSBI dengan memenuhi 14 indikator janji kinerja SMK-RSBI. Salah satu indikator janji kinerja SMK-RSBI yaitu pemanfaatan ICT untuk pembelajaran yang dikenal dengan istilah e-learning

Seiring dengan itu, berbekal ilmu yang diperoleh melalui diklat e-learning yang diikuti oleh salah seorang guru SMK-SMTI Padang pada tanggal 9-13 Juli 2012 di BDI Regional V Surabaya, SMK-SMTI Padang mengadakan kegiatan sosialisasi dan workshop e-learning untuk semua guru fungsional dan guru tidak tetap selama 2 hari. Hal ini didorong oleh keinginan dan komitmen untuk maju bersama serta tekad untuk ikut andil dalam mewujudkan reposisi sekolah menuju sekolah bertaraf internasional dengan menerapkan e-learning dalam menunjang proses pembelajaran di SMK-SMTI Padang.

Dengan adanya dukungan penuh dari Kepala Sekolah dan Ka subbag Tata Usaha untuk dilaksanakannya sosialisasi dan workshop ini, di bawah program kerja wakil kepala bidang kurikulum kegiatan ini dapat direalisasikan walaupun 3 bulan setelah ilmu tersebut didapatkan. Wakil Kepala Bidang Kurikulum beserta staf memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini bagi seluruh guru secara internal dengan memanfaatkan waktu luang setelah pelaksanaan Ujian Tengah Semester Ganjil pada hari Senin - Selasa, pada tanggal 8 - 9 Oktober 2012 pukul 13.00 - 16.30 Wib setiap harinya.  

Antusias dan keinginan seluruh Guru SMK-SMTI Padang dalam mengikuti kegiatan ini sangat besar, sehingga waktu 2 hari terasa begitu singkat dan tidak cukup untuk mengisi dan menghasilkan program masing-masing. Namun demikian, hasil yang dicapai selama 2 hari sudah menunjukkan adanya beberapa orang guru yang telah berhasil membuat dan mengisi konten e-learning bagi mata pelajaran yang diampu oleh setiap guru tersebut. Untuk kelanjutan pengisian dan penyempurnaan konten e-learning bagi guru masing-masing mata pelajaran tetap dilanjutkan secara mandiri dan secara berkelompok pada waktu luang di hari kerja kedepannya. Hasil dari workshop ini diprogramkan untuk dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran sehari-hari, dengan adanya penyempurnaan lebih lanjut oleh setiap guru.

Dengan harapan yang besar, SMK-SMTI Padang dapat turut andil dalam menyukseskan program reposisi unit pendidikan Pusdiklat Industri Kementerian Perindustrian dengan menjadi salah satu sekolah bertaraf internasional dalam waktu yang tidak begitu lama. Amiinn.....